FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI POLRI

Home Berita Kegiatan FKPPI Pengurus Pusat

Pengurus Pusat

KEPUTUSAN RAPAT PIMPINAN PUSAT FKPPI 2014

E-mail Print PDF

PERNYATAAN SIKAP

KELUARGA BESAR FKPPI

TENTANG PEMILIHAN

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

MASA BHAKTI 2014-2019

 

Kami Putra dan Putri Indonesia yang tergabung dalam Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI – POLRI ( FKPPI )
, dalam usia ke 69 tahun Kemerdekaan sekarang ini, memperhatikan dengan sungguh- sungguh kemajuan yang telah dicapai, tantangan yang masih harus dihadapi, serta penyimpangan yang terjadi dalam kehidupan Berbangsan dan Bernegara yang berdasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.


Kemajuan yang telah dicapai harus kita mantapkan dan kita kembangkan terus. Tantangan yang dihadapi harus dijawab secara cerdas demi sebesar-besar kemakmuran Rakyat. Penyimpangan yang terjadi, baik dalam bidang sosial ekonomi, sosial budaya, dan dalam bidang ideologi harus kita koreksi.


Dengan memantapkan dan mengembangkan kemajuan yang telah kita dicapai, menjawab tantangan yang dihadapi, serta mengoreksi penyimpangan yang terjadi, sesuai dengan Sistem Pemerintahan Demokrasi Presidensial, maka pemegang jabatan Presiden Republik Indonesia memegang peranan yang sangat sentral.


Pada saat ini koalisi partai-partai politik telah mengajukan dua pasang Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, yang telah memenuhi seluruh persyaratan formal yang diharuskan oleh undang-undang.


Salah seorang dari Calon Presiden tersebut berasal dari Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia yang selain telah teruji kesetiaannya terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta mempunyai wawasan dan serta strategi yang jelas teruji kemampuannya dalam memimpin pelaksanaan tugas-tugas kenegaraan berskala besar.


Sebagai bagian dari Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan sebagai bagian dari Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia (TNI/POLRI), kami yang tergabung dalam Keluarga Besar FKPPI selain memperhatikan karakter, kapasitas, kapabilitas, dan akseptabilitas para Calon Presiden dan  Calon Wakil Presiden juga memperhatikan secara khusus pemahaman, komitmen, dan konsistensi para Calon dalam menindaklanjuti Pancasila sebagai Dasar Negara dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi, dedikasinya kepada kepentingan Rakyat Indonesia, serta kewaspadaannya terhadap berbagai tantangan yang dihadapi serta penyimpangan yang telah terjadi.


Bersama dengan seluruh partai politik dan Rakyat Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila, kami sangat menyadari bahwa jajaran Keluarga Besar Tentara Nasional Republik Indonesia serta Kepolisian Republik Indonesia mempunyai tanggung jawab konstitusional langsung terhadap kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar Pancasila. Kami adalah merupakan bagian dari Keluarga Besar Tentara Nasional Republik Indonesia serta Kepolisian Republik Indonesia.


Dengan demikian, kami juga memiliki kepentingan langsung terhadap tetap tegak dan utuhnya Pancasila sebagai Dasar Negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar Pancasila, serta terwujudnya masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera dan lebih adil. Oleh karena itu, pada Pemilihan Presiden Masa Bhakti 2014 – 2019 yang akan dating kami merasa terpanggil untuk secara pro-aktif turut mewarnai dalam proses pemilihan Pimpinan Nasional.
Setelah mengadakan pertimbangan yang mendalam, kami sebagai bagian dari Putra-Putri Bangsa sesuai dengan komitmen Kebangsaan dalam mengejawantahkan norma-norma yang sudah menjadi “Pandangan Hidup” bagi kami, yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menyatakan sikap sebagai berikut:


1.    Kami akan berperan secara aktif dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia, dalam rangka mengembangkan demokrasi sebagai perwujudan atas Kedaulatan Rakyat serta meningkatkan partisipasi rakyat dalam Pembangunan Nasional, Untuk itu kami menghimbau seluruh potensi dan unsur dari berbagai golongan agar dapat juga berperan aktif dalam Pemilihan Presiden 2014 dan agar tidak menjadi “golongan putih” yang akan menyia-nyiakan keberadaannya sebagai warga negara, dan menghilangkan kesempatannya untuk turut memilih pemimpin bangsa yang justru dapat turut mensejahterakan mereka sebagai rakyat yang berdaulat dan bertanggung jawab sebagai warga negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.    Kami tetap akan memegang teguh Norma Dasar Negara sesuai dengan yang tertuang dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945, sebagai rujukan dasar baik untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sesuai dengan cita-cita proklamasi, maupun untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3.    Sesuai dengan pertimbangan di atas, kami mendukung sepenuhnya Calon Presiden Republik Indonesia yang berasal dari Keluarga Besar TNI/POLRI untuk menjadi Presiden Republik Indonesia Masa Bhakti 2014-2019.

4.    Untuk itu Rapat Pimpinan Pusat FKPPI menginstruksikan kepada Keluarga Besar FKPPI beserta seluruh Jajarannya sampai tingkat yang paling bawah agar bekerja keras memenangkan Calon Presiden Republlik Indonesia yang kita dukung.

5.    Instruksi Hasil Rapat Pimpinan Pusat FKPPI ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Ditetapkan di : Jakarta
Pada tanggal    : 3 Juni 2014


Atas Nama
Rapat Pimpinan Pusat FKPPI
Ketua Umum,


PONCO SUTOWO

 

Last Updated ( Thursday, 12 June 2014 00:28 )
 

Kegiatan Diskusi GM-FKPPI

E-mail Print PDF

Round Table Discussion Bela Negara

Pada Tanggal 29 Nopember 2010, Di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, GM-FKPPI menyelenggarakan kegiatan Diskusi tentang Bela Negara dimana dibahas tentang Undang-undang yang menyiapkan tentang komponen cadangan, dihadiri oleh berbagai ormas disamping Keluarga Besar FKPPI sebagai peserta.

Foto-foto kegiatan diskusi :


Last Updated ( Saturday, 01 January 2011 08:37 )
 

Kegiatan Tim SAR FKPPI

E-mail Print PDF

Kegiatan Sosial untuk Bencana Gunung Merapi

Kegiatan Tanggap Bencana untuk meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta, Pengurus Pusat FKPPI dengan dipimpin oleh Ketua

PP FKPPI Bahriyoen Soetjipto sebagai Tim Advance berangkat ke Yogya, yang kemudian di tindak lanjuti dengan berangkatnya

Tim SAR selanjutnya yang dipimpin SekJen FKPPI Sdr. Tribowo Soebiandono dan Wakil SekJen Sdr. Diby Nichlany yang turut

berangkat ke Yogyakarta dengan membawa berbagai kebutuhan yang diperlukan dilapangan, dan dalam kondisi rawan bencana

dimana bencana semakin meluas, menyusul berangkat ke lapangan  Ketua Umum PP. FKPPI Mas Pontjo Sutowo yang turut

meninjau lapangan untuk memberikan bantuan dan petunjuk bagi teman-teman TIM SAR FKPPI di lapangan. Dibawah  ini

disertakan beberapa gambar foto yang dapat menggambarkan kegigihan teman-teman Keluarga Besar FKPPI bergabung

bersama dengan Tim SAR lainnya dalam membantu kegiatan Tanggap Bencana ini dari berbagai kejadian :

 

 

 

Last Updated ( Saturday, 01 January 2011 09:12 )
 

Kegiatan Sosial PP.FKPPI

E-mail Print PDF

Bantuan untuk Bencana Wasior

Seperti biasanya FKPPI dalam melakukan kegiatan Tanggap Bencana dan kepedulian sosial FKPPI menugaskan Pengurus dan Anggota Tim SAR untuk dapat memberikan bantuan baik langsung maupun tidak langsung kepada korban bencana seperti pada tahun 2010  di bulan Oktober 2010 PP-FKPPI menugaskan saudara Bahriyoen Soetjipto beserta 1 orang Dokter dan 1 orang anggota Team SAR untuk dapat membantu dan menyalurkan bantuan Logistik bagi korban bencana di Wasior, dengan bantuan rekan-rekan anggota FKPPI di lapangan, meskipun medannya berat dan harus ditempuh dengan jalan laut dan darat akhirnya, rekan-rekan FKPPI didaerah tersebut dapat turut memberikan bantuan Logistik berupa Bahan Makanan, Pakaian, Selimut dll. Kepada para korban bencana, meskipun dalam kondisi yang sangat terbatas :
Foto-foto kegiatan :

 

 

Last Updated ( Saturday, 01 January 2011 10:38 )
 

HASIL RAPIMPUS KELUARGA BESAR FKPPI 2010

E-mail Print PDF

Hasil Dialog Kebangsaan Peserta Rapim Pusat Keluarga Besar FKPPI

Berdasarkan Pengarahan Ketua Umum FKPPI dalam Rapimpus Keluarga Besar FKPPI tanggal 9 Oktober 2010 yang berjudul

“Selamatkan Bangsa dan Negara Kita” serta lampirannya berupa buku konsep pemikiran Ketua Umum FKPPI, Pontjo Sutowo

tentang “Aliansi Kebangsaan” yang menjadi Materi Dialog Kebangsaan, setelah mendapat berbagai tanggapan, masukan,

dan dialog dari seluruh peserta Rapimpus Keluarga Besar FKPPI, maka menghasilkan beberapa hal sebagai berikut:

1.  Para Peserta Rapim Pusat Keluarga Besar FKPPI menyepakati untuk membentuk suatu Jaringan Aliansi Kebangsaan di daerah

    masing-masing di seluruh Indonesia, dimana Pengurus Daerah Keluarga Besar FKPPI menjadi motor dalam pembentukannya,

    serta senantiasa turut menjaga eksistensi maupun meningkatkan peran sertanya ditengah-tengah masyarakat.


2.  Para Peserta Rapim Pusat Keluarga Besar FKPPI menyepakati untuk membentuk tim kerja yang akan melakukan dua

     jenis kegiatan yaitu :


    a. Kegiatan yang akan melakukan kajian dalam rangka pembentukan opini masyarakat, khususnya dalam rangka menjaga

        Kemurnian Pelaksanaan Pancasila, UUD 1945, Persatuan Bangsa, Kedaulatan Negara dan Keutuhan Negara Kesatuan

        Republik Indonesia.

    b. Pembentukan Task Force yang siap untuk digerakkan kapan saja dalam melakukan aksi unjuk   rasa, pernyataan

        sikap dan berbagai kegiatan lainnya yang berhubungan dengan eksistensi organisasi, termasuk dapat membantu

        aktifitas bencana alam dll.

    c.  Melakukan kegiatan pembentukan opini baik memberikan aspirasi secara langsung melalui berbagai media bahkan

        dimungkinkan untuk dapat memiliki sendiri media didaerah-daerah maupun di pusat. Dalam rangka penguasaan

        opini ditingkat pusat maupun daerah.


_______________________


Hasil Dialog Tentang Masalah Organisasi

Berdasarkan Pengarahan Tentang Materi Harmonisasi Hubungan Generasi Muda FKPPI dengan FKPPI yang dijelaskan oleh Ketua

Kompartemen Organisasi dan Keanggotaan FKPPI, dalam Dialog serta Tanggapan dan Masukan dari seluruh Peserta  Rapimpus

Keluarga Besar FKPPI tanggal 9 Oktober 2010,  maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

1.  Memang terdapat masalah dalam interaksi hubungan antara FKPPI dan Generasi Muda FKPPI namun masalah tersebut bukanlah

     disebabkan oleh masalah yang mendasar.

2.   Permasalahan yang timbul disebabkan tidak adanya koordinasi dan konsultasi antar Keluarga Besar FKPPI

3.   Oleh karenanya dimasa mendatang, kedua Organisasi khususnya di Daerah diharuskan untuk melakukan dialog dan diskusi

      yang intens antara Pimpinan FKPPI dan Generasi Muda FKPPI di semua tingkatan, Sehingga dua organisasi yang dapat

      dikatakan Dua Raga Satu Jiwa dapat terwujud sesuai dengan konsepnya.

4.   Selanjutnya dibutuhkan agenda-agenda jangka panjang dan jangka pendek untuk mempersatukan pikiran-pikiran dalam

      rangka efektifitas dan efisiensi kegiatan organisasi.

5.   Dalam waktu dekat FKPPI dan Generasi Muda FKPPI harus segera melakukan dialog secara lebih detil untuk membahas tentang

      hasil dialog Organisasi dalam Rapat Pimpinan Pusat Keluarga Besar FKPPI agar selanjutnya akan didapat butir-butir kesepakatan

      yang lebih rinci tentang berbagai permasalahan, untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang terjadi di Daerah, sehingga

      Harmonisasi kegiatan kedua Organisasi tersebut dapat tercapai dan terjaga dengan baik.

             Jakarta, 9 Oktober 2010

Last Updated ( Wednesday, 13 October 2010 00:46 )
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  Next 
  •  End 
  • »
Page 1 of 3

KB FKPPI on FB

Who's Online

We have 1 guest online